Thursday, December 11, 2014

Tahukah Kamu Bahwa Anjing Bisa Juga Alergi Makanan

Mungkin kamu passti akan kaget atau bingung ternyata alergi makanan bukan manusia seperti kita saja mengalami tapi hewan juga mengalaminya salah satunya hewan anjing. Sekitar 10% alergi makanan terjadi pada anjing. Bahkan sepenuhnya belum dimengerti oleh manusia bagaimana alergi makanan terjadi pada anjing. Jika kamu sebagai pemiliki anjing jangan anggap remeh  mengenai masalah ini karena jika tidak ditangani dengan serius akan mengakibatkan kematian pada anjing.
Tahukah Kamu Bahwa Anjing Bisa Juga Alergi Makanan
Anjing Alergi Makanan
Terjadinya alergi makanan tidak ada hubungannya degan jenis anjing tertentu. Alergi bisa terjadi pada anjing jantan dan betina yang sudah dikebiri ataupun yang belum. Gejalanya biasa terjadi pada saat usia  5 bulan-12 tahun, walaupun biasanya kasus tersebut paling banyak terjadi pada usia antara 2-6 tahun. Biasanya gejala yang datang :
  1. Bulu rontok.
  2. terjadi gatal-gatal pada kulit disekitar kaki, ketiak, telinga, wajah dan daerah dekat anus.
  3. Infeksi telinga berulang
  4. Dalam sehari buang air sebanyak 3 kali.
  5. Menggaruk terlalu berlebihan dari biasanya.
  6. Peningkatan pergerakan usus pada anjing

Biasanya terjadinya alergi makanana karena banyaknya zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi hewan. Berdasarkan hasil studi, zat makanan yang sering terjadi alergi pada anjing adalah produk susu, domba, ikan, telur ayam, gandum, jagung, kedelai dan daging sapi.

Untuk menghindari alergi makanan pada anjing sebenarnya cukup mudah , dengan menghindari makanan yang bisa memicu alergi dan menghilangkan dari makanan sehari-hari. Jika kamu melihat tanda-tanda adanya alergi berkonsultasilah langsung kedokter hewan.

No comments:

Post a Comment