Friday, October 31, 2014

Ketahui Gejala Umum Pada Anjing Yang Sudah Tua

Setiap hewan pasti akan menjadi tua, tapi apakah kamu sebagai pemilik tahu apa gejala umum yang terjadi pada hewan peliharaan kamu terutama anjing.Jika belum kamu harus membaca apa saja gejala umum ketika anjing kamu sudah termakan oleh umur, berikut :
Anjing Yang Sudah Tua

  • Kebiasaan makan berubah. Anjing yang sudah tua pasti akan mengalami masalah pada gigi dan gusi. biasanya gigi yang copot ataupun gusi sakit. Akibatnya si anjing selalu menolak untuk makan  atau makanan yang ia makan dibiarkan keluar dari mulutnya.
  • Cepat capek dan Pincang, Anjing yang sudah tua pasti akan mengalami penurunan energi. Akibatnya anjing menjadi gampang capek dan ngantuk. juga, sesekali bahunya, kaki, pinggul  menjadi kaku.
  • Buang air kecl sering, Saat anjing merasa sangat kehausan atau buang air kecil tidak terkendali, menunjukkan adanya masalah ginjal atau diabetes. Masalah buang air kecil menjadi tidak terkendali juga dapat menjadi tanda bahwa anjing memiliki ketidakseimbangan hormon.
  • Penurunan fungsi penglihatan. Anjing yang sudah tua pasti akan mengalami penurunan penglihatan dan itu bisa menjadi gejala katarak. Jika dibiarkan begitu saja anjing kamu bisa buta. Namun, jika hanya kabur, warna mata kebiruan, ini bukanlah masalah yang terlalu serius. Tanyakanlah langsung dengan dokter hewan untuk mengetahui perbedaannya.
  • Kulit tebal dan bulu menjadi rontok. Anjing yang sudah tua cender kulit tebal dan kenyal. sehingga, akan menjadi lebih sulit untuk mengetahui apakah dibagian bawah kulit terdapat benjolan atau bengkak yang tumbuh. Sangat diperlukan memeriksa apakah dibagian bawah kulit terdapat bengkak besar, karena itu bisa menjadi tanda-tanda adanya tumor atau kanker pada anjing tua. Pada anjing yang sudah berumur, bulu anjing akan menjadi rontok, kering, lebih tipis dan berubah warna.
  • Kesulitan dalam bernapas, batuk dan cepat capek itu bisa menjadi faktor adanya gejala masalah pada jantung anjing.
  • Anjing akan mengalami naik atau turun berat badan. Ketika tua Metabolisme anjing akan melambat . sehingga bisa membuat naiknya berat badan, apalagi tidak aktifnya anjing seperti dulu.  untuk mengetahui apakah anjing kelebihan berat badan bisa melakukan pemeriksaan tulang rusuk. Dan juga, jika anjing peliharaan kamu berat badan turun tiba-tiba, maka itu bisa menjadi tanda-tanda adanya masalah penyakit dalam pada anjing kamu.
  • Fungsi pendengaran turun. Anjing yang sudah tua tidak akan seperti dulu ketika diberikan perintah ataupun saat kamu memanggilnya. Faktor lainnya anjing kamu tiba-tiba menggonggong padahal kamu tidak memberikan perintah ataupun memanggilnya.


Referensi:
http://anjing.org/

No comments:

Post a Comment