Thursday, October 30, 2014

Sejarah Anjing Kintamani Asli dari Indonesia

Anjing Kintamani ditemukan di daerah pegunungan Kintamani, Bali. Anjing ini mempunyai sifat pemberani dan juga anjing jenis ini sudah lama dikembang biakan. Juga sudah diakui oleh dunia internasional. Adanya jenis ini hasil dari persilangan antara Samoyed dan Malamute putih. Ada yang mengatakan juga kalau kintamani hasil dari persilangan anjing kampung Bali dengan anjing Chow-chow yang pernah dibawa penjajah dari Majapahit Jawa ke Singaraja Bali Utara.

Seorang ahli dokter hewan pada tahun 1981 mengamati keberadaan anjing tersebut dan melihat terdapat tipe anjing yang ada di Bali, yaitu anjing berbulu pendek atletis, anjing berbulu panjang mirip serigala, , dan anjing perpaduan dari keduanya. Ada juga seorang  pecinta hewan dan ahli anjing dari Belanda, Dra Wenny E Groenewegen Ressang  DVM, kebetulan mengikuti tugas suaminya di Bali dan tertarik untuk melihat anjing-anjing yang ada di Bali.
Kintamani Asli dari Indonesia
Anjing Jenis Kintamani
Hasil dari penelitian mereka berdua kemudian menemukan sesuatu yang menarik pada anjing yang ada di Bali dan menyatukan hasil penelitian mereka. tahun 1984, mereka berdua kembali ke bali untuk mencatat dan mengamati keberadaan anjing kintamani di Bali. Hasil dari merkae membuktikan anjing berbulu panjang dengan berbulu putih mendominasi populasi anjing kintamani di Bali. Awalnya, pendapat mereka mendapatkan pertentangan, namun mereka tetap berusaha mengungkapkan sesuatu yang telah mereka lakukan. Pendapat mereka ini mulai terkuak setelah berhasil membuktikan ciri-ciri khusus anjing kintamani tersebut tetap dipertahankan dan dibawa oleh keturunannya.

Pengamatan dan penelitian terhadapt anjing kintamani ini tidak selesai begitu saja melainkan dilanjutkan Negeri Belanda oleh Wenny Ressang, dengan mengembangbiakkan anjing kintamaninya yang ia bawa dan diteliti untuk menghasilkan karakteristik yang serupa dengan anjing asli yang dipakai sebagai awal mula penelitian. dampak dari penelitian ini, keberadaannya di Bali maupun di luar Bali bahkan di luar Indonesia mendapat perhatian yang cukup luas bagi para pecinta anjing. Anjing kintamani sekarang sudah tersebar luas di negara Eropa termasuk Jerman, Norwegia, Perancis, Belgia,Belanda dan Swedia. Dan ada juga tersebar di Amerika dan Australia.

No comments:

Post a Comment