Saturday, October 25, 2014

Tips Perawatan Anak Anjing yang Baru Lahir

Mungkin bagi pecinta hewan khususnya anjing yang sudah lama memeliharanya tidak akan kebingungan bagaimana merawat anak anjing yang baru lahir . tetapi, bagi yang belum lama memelihara anjing akan kebingungan melihat hewannya melahirkan dan apa yang harus dilakukan sipemilik hewan ketika sudah melahirkan. Untuk itu Serba Serbi Tentang Anjing akan memberikan tips bagaimana perawatanya berikut ini :

Siapkan Tempat Tidur Anjing
Untuk anak anjing yang baru saja, induk dan anaknya harus disediakan kandang yang khusus . Pada minggu pertama induk akan sangat melindungi dan sensitif, jadi janganlah menyatukan dengan anjing yang lain. Sediakanlah kandang dengan kain, selimut atau bantal yang bisa memebrikan kehangatan dan kenyamanan bagi si induk dan anak. selama beberapa minggu dirawat akan banyak kejadian yang mungkin bisa membuat kamu marah karena akan ada buang air kecil dan besar. untuk itu kandangnya haruslah bersih dan di ganti ketika alasnya kotor. Menjaga kesehatan induk dan anak anjing adalah kebersihan.
Tips Perawatan Anak Anjing yang Baru Lahir

Biarkan Si Anak Anjing dengan Induknya
Hadirnya si induk ketika baru lahir akan menopang kebutuhan anak anjing. Biarkan mereka bersama ketika baru lahir. perlu kamu tahu, pada saat induknya baru saja melahiran, si induk perlu dikasih waktu sementara sendiri tanpa gangguan dari si anak. Induknyalah yang nantinya kan memberikan ASI (air susu induk) untuk perkembangan dan kebutuhan si anak. Untuk menyusui si anak akan menghabiskan  waktu 2-3 jam sekali. Anak anjing untuk bisa memakan makanan kering ketika sudah berumur 4 minggu. anak anjing umur 4-8 minggu bisa makan makanan kering jika dicampur dengan susu, kemudian bisa diganti ke makanan kering. Jika anjing yang baru lahir tidak mempunyai induk, alangkah baiknya konsultasikan ke dokter hewan untuk menanyakan mengenai susu pengganti yang cocok buat anak anjing.  Perlu diketahui susu manusia tidaklah direkomendasikan untuk hewan anjing.

Amati Gejala Penyaki Anak Anjing
Jika kamu merasakan hal yang mungkin penyakit pada anak anjing, maka segeralah menghubungi dokter sebelum terlambat. Agar tidak terlambat kamu harus memperhatikan beberapa hal yaitu menangis berlebihan, mencret, induk tidak mau memperhatikan, muntah dan anak anjing tidak mau menyusui dengan saudara nya yang lain

Call Dokter Hewan
Dokter hewan sangatlah membantuk dalam pengawasan agar anak anjing tetap sehat , biasanya ada banyak bahaya yang mungkin tidak disadari orang. ketika anak anjing yang baru lahir tidak bisa melihat, buang air besar, tidak bisa mendengar . Anak anjing juga bisa sakit karena masalah kesehatan dan penyakit. Tanyalah dokter hewan kamu tentang caranya menjaga anak anjing yang baru lahir.

Sebenarnya anjing tidak disarankan untuk di biakkan dirumah karena anak anjing sangatlah gampang terserang berbagai penyakit dan mati ketika tidak urus dengan baik. Biarkanlah anak anjing bersama induknya selama 12 minggu , agar membantunya tumbuh dan berkembang baik sebelum di biarkan sendiri. Terakhir, tetaplah konsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui kesehatanya induk dan anak anjing.

No comments:

Post a Comment